Sabtu, 02 Maret 2013

tempat-tempat utama ibadah haji


tempat-tempat utama ibadah haji ( part 2 )

kita lanjutkan cerita seru tentang tempat-tempat utama tujuan ibadah haji. anda terus ingat paparan pada awalnya ? coba deh cermat di area tujuan haji segi pertama.
yuk kita lanjutkan berkunjung ke kota-kota sebagai tujuan sebagian jamaah haji dan umroh.


muzdalifah


area terbuka pada arafah dan mina yang dikenal sebagai area jemaah haji bermalam atau kerjakan mabit setelah bertolak dari arafah dan area mengumpulkan batu sejumlah 70 atau 49 untuk melaksanakan ibadah jumrah di mina. muzdalifahterletak di antara ma’ ;zamain atau dua jalur yang memisahkan dua gunung yang saling berhadapan yaitu arafah dan lembah muhassir.



jemaah haji setelah melaksanakan wukuf di arafah bergerak menuju muzdalifah waktu setelah terbenamnya matahari atau waktu maghrib, bermalam hingga memasuki waktu untuk shalat subuh, dan sesudah itu menuju ke mina untuk melempar jumrah. bermalam dimuzdalifahhukumnya mesti di dalam haji untuk ikuti jejak nabi muhammad saw, apabila tidak maka harus membayar dam. namun buat mereka yang lemah, layaknya wanita dan orang tua, dapat meninggalkan muzdalifah setelah melewati tengah malam.


mina



kota mina area tugu jumrah, yaitu area sistem kegiatan melontarkan batu ke tugu jumrah sebagai simbolisasi tindakan nabi ibrahim waktu mengusir setan. di masing-masing area itu berdiri tugu untuk sistem : jumrah aqabah, jumrah ula, dan jumrah wustha. di area ini jamaah juga mesti untuk menginap satu malam. untuk mengantisipasi agar jemaah haji tidak berdesakan waktu melempar jumrah, maka pemerintah arab saudi telah membangun lima lantai untuk area berdiri waktu melempar jumrah serta buat 11 pintu masuk dan 12 pintu keluar dengan terpisah lokasinya. sampai kurun waktu 1 jam bisa amat barangkali 300. 000 jemaah haji melempar jumrah dengan bersamaan.


kota mina adalah lembah di padang pasir kurang lebih 5 km. sebelah timur kota mekah. karena ada pada mekah dan muzdalifah. minamendapat julukan kota tenda, karena diisi tenda-tenda untuk jutaan jamaah haji seluruh dunia, terlebih walau musim haji tidak jalan tenda-tenda itu terus ada. mina didatangi oleh jamaah haji pada tanggal 8 dzulhijah atau 1 hari sebelum akan wukuf di arafah. jamaah haji tinggal di sini 1 hari semalam sampai dapat kerjakan shalat dzuhur, ashar, maghrib, isya dan subuh. sesudah sholat subuh tanggal 9 dzulhijah, jamaah haji berangkat ke arafah.


jamaah haji datang lagi ke mina setelah selesai melaksanakan wukuf di arafah untuk melempar jumrah di kota ini. mina juga yaitu area penyembelihan binatang kurban. di sana ada masjid khaif, dimana nabi muhammad saw kerjakan shalat dan khutbah waktu melaksanakan ibadah haji.



madinah al-munawarah
yaitu kota suci ke-2 umat islam. di area inilah panutan umat islam, nabi muhammad saw dimakamkan di masjid nabawi. area ini sebenarnya tidak masuk ke di dalam ritual ibadah haji, namun jamaah haji dari seluruh dunia biasanya menyempatkan diri berkunjung ke kota sebelah utara makkah ini untuk berziarah dan melaksanakan salat di masjidnya nabi. yaitu kota pertama yang dituju oleh jemaah haji gelombang i yang baru tiba di bandara king abdul aziz, jeddah. suhu terpanas pada siang hari menggapai 39 derajat celcius.


area bir ali

masjid bir ali yang biasanya buat jadi area istirahat jamaah haji
disebut juga dzulkulaifah yang ada di luar kota madinah biasanya dikunjungi jemaah haji sebagai patokan jemaah yang datang dari madinah, serta qarnul manazil atau yalamlam untuk jemaah haji yang masuk dari arah yaman.


jeddah



yaitu kota pertama yang dituju pesawat rombongan jemaah haji indonesia untuk mendarat dan kota sangat akhir yang bisa dilihat oleh jemaah haji sesudah melaksanakan rukun haji dan bisa kembali ke indonesia. jeddah yakni kota pelabuhan utama di arab saudi baik pelabuhan laut maupun pelabuhan udara yang ada tepidi tepi laut merah. kota ini memiliki iklim gurun. didirikan pada th. 647 m oleh khalifah utsman bin affan dan digunakan sebagai pelabuhan untuk kepentingan jamaah haji.



dijeddahterdapat bandar udara yang cukup popular yakni bandara king abdul aziz yang memiliki tingkat kegiatan tinggi terutama pada musim haji. jeddahberasal dari bhs arab jaddah yang berarti nenek dikarenakan disana ada makam yang sebagai makam siti udara istri nabi adam yang dimaksud nenek moyang manusia. sumber lain mengatakan bahwajeddahberasal dari kata jiddah yang di dalam bhs arab berarti lepas pantai.


semoga enali kota-kota utama di dalam sistem ibadah haji ini, jemaah haji semakin semangat waktu menggerakkan ibadah haji di tanah suci. selamat menunaikan ibadah haji ! insya allah lantas haji mabrur.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar